Cara Mengatasi Kolesterol

Cara Mengatasi Kolesterol – Pada umumnya, kolesterol berada dalam zat makanan yang dikonsumsi dan akan meningkat kadarnya dalam darah tergantung seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Sejauh pemasukan kolesterol ke dalam tubuh masih seimbang atau sesuai dengan kebutuhan tubuh maka tubuh akan tetap sehat dan tidak akan terganggu mekanisme kerjanya.

Cara Mengatasi Kolesterol

Cara Mengatasi Kolesterol

Kolesterol Tinggi

Apabila kolesterol yang dimasukkan ke dalam tubuh lebih dari yang diperlukan makan kadar kolesterol darah akan meningkat melebihi angka normal. Misalnya banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.

Kelebihan kolesterol akan berekasi dengan zat-zat lain dan mengendap dalam pembuluh darah arteri, disebut dengan atherosklerosis. Keadaan ini pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya arterosklerosis (pemblokiran aliran darah akibat pembekuan lemak yang mengendap dalam pembuluh darah) sehingga mengganggu proses sirkulasi darah ke jantung.

Pada akhirnya, bila kondisi ini terus berlanjut maka akan timbul terjadinya serangan jantung. Di sinilah kolesterol menjadi musuh bagi manusia karena berperan negatif terhadap kesehatan. Kelebihan kolesterol dapat membentuk plak di pembuluh darah dan pada akhirnya dapat terjadi penyumbatan.

Hati dan organ tubuh lainnya menghasilkan 500 mg kolesterol setiap harinya. Jumlah ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Oleh karenanya, kelebihan kolesterol yang banyak berasal dari pangan hewani inilah yang harus dikurangi.

Kolesterol merupakan zat berlemak yang diproduksi oleh hati. Kolesterol dapat ditemukan di seluruh tubuh dan berperan penting terhadap fungsi tubuh sehari-hari. Kolesterol merupakan  zat berlemak yang ditemukan disetiap sel tubuh kita. Ada dua cara darimana tubuh mendapatkan kolesterol :

  1. Kiat membuatnya sendiri di hati
  2. Kita mendapatkannya dari makanan.

Berbeda dengan opini masyarakat pada umumnya, hati adalah organ yang membuat sebagan besar kolesterol dalam tubuh, dan hanya sebagian kecil yang berasal dari makananl. Makanan yang kaya dengan kolesterol adalah produk susu, daging berlemak, kuning telur, dan makanan laut (terutama kerang). Makanan yang berasal  dari tumbuhan tidak mengandung kolesterol.  Banyak mengonsumsi buah dan sayuran sangat baik bagi kesehatan. Tidak hanya berfungsi sebagai bahan makanan yang sering dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, buah dan sayuran juga berguna untuk cara mengatasi kolesterol tinggi.

Apel mengandung banyak magnesium, zat besi, dan silicon. Di samping itu, apel juga mengandung potassium yang dapat melancarkan pencernaan , fosfor, sodium, kalsium, belerang dan klor. Apel juga mengandung vitamin A, B, C, dan g. Zat asam pada apel terkenal sebagai zat pembersih tubuh dan penyembuh peradangan dalam tubuh.  Apel adalah buah yang dapat membantu cara mengatasi kolesterol. Dan buah ini bebas kolesterol sempurna yang membantu mempertahankan kadar kolesterol tetap endah. Seperempat bagian dari sebuah apel terdiri dari pectin dan serat yang larut dalam air sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol LDL yang dapat menyumbat pembuluh darah. Pada saat yang sama, pectin menaikkan kadar HDL atau kolesterol yang diperlukan oleh tubuh untuk kegiatan sehari-hari, seperti menghasilkan hormone. Tingkat G+HDL yang tinggi juga dikaitkan dengan rendahnya resiko terserang penyakit jantung.

Pectin membatasi jumlah lemak yang dapat diserap oleh sel adipose atau sel lemak dengan membangun sebuah “barier” yang secara alami mengendalikan penumpukkan lemak di dalam tubuh. Tidak lama setelah mengonsumsi buah dengan kandungan pectin tinggi, proses pembuangan lemak di dalam tubuh segera dimulai, sebuah enxim di dalam buah melepaskan pectin yang larut dan mudah dicerna. Jika telah berada di dalam tubuh, pectin menciptakan suat sifat pengikat air yang kuat. Kemudian pectin menyerap substansi air itu dan menggunkannya untuk membebaskan sel dari gumpalan-gumpalan lemak. Minum sari buah apel segar atau jus apel 1 gelas per hari membuat pectin mudah dicerna sehingga dapat bekerja cepat dalam membersihkan lemak.

Buah dan sayur sudah lama dikenal mengandung nutrisi yang baik untuk cara mengatasi kolesterol tinggi. Kandungan vitamin dan serat makannya terbukti mampu menaklukan kolesterol yang sudah terlanjut melonjak. Cara yang ditawarkan biasanya adalah dengan melakukann terapi jus.

Makanan Kolesterol Tinggi

Untuk Anda yang mengalami masalah penyakit kolesterol tinggi, maka hal yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan dibawah ini :

  1. Oatmeal
    Oatmeal merupakan salah satu makanan dengan kandungan serat yang bisa larut yang bisa membantu tingkat dari penyakit kolesterol tinggi di dalam tubuh. dan selain itu juga oatmeal serat larut juga banyak ditemukan didalam makanan seperti kacang merah, buah pisang, buah apel, buah pir dan jenis buah prune. Cara kerja dari serat larut ini adallah bisa membantu mengurangi terjadinya penyerapan kolesterol yang ada di dalam aliran darah, sehingga tidak akan menyebabkan terjadinya penumpukan di daerah pembuluh darah.
  2. Anggur merah
    Kemungkinan mempunyai dampak yang lebih signifikan lagi untuk terjadinya proses penurunan kolesterol. Dan salah satu studi yang dilakukan menunjukkan bahwa adanya penurunan dari kadar LDL sebesar 9-12% untuk mereka yang rutin mengonsumsi buah anggur merah dengan teratur.
  3. Ikan
    Ikan merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan asam lemak omega-3. Beberapa jenis ikan tersebut adalah ikan kembung, ikan sarden, ikan tuna dan juga ikan salmon. Dan selain itu manfaat dari ikan adalah membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung.

Cara Mengatasi Kolesterol


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Kolesterol and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.