Kolesterol

Kolesterol atau lipid, selama ini selalu dihubungkan dengan makan enak dan dianggap sebagai biangnya stroke, sakit jantung, dan gangguan pembuluh darah. Padahal tubuh sangat memerlukan kolesterol, karena kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang dalam jumlah tertentu bermanfaat bagi tubuh sebagai pembentuk dinding sel, hormon dan empedu. Kolesterol bukanlah zat yang menakutkan, seperti yang dibayangkan orang.

Kolesterol adalah lemak yang berwarna kekuningan dan sangat berguna untuk kesehatan. Tubuh memerlukannya untuk membuat hormon reproduksi dan fungsi seksual, serta hormon adrenalin yang diperlukan dalam proses metabolisme tubuh dan vitamin D. Kolesterol juga berguna untuk mengangkut lemak dalam darah ke seluruh tubuh.

Pembungkus kolesterol (lipoprotein) ada yang jahat dan ada pula yang baik. Bila jumlahnya berlebihan akan menimbulkan penumpukan lemak pada dinding pembuluh darah. Ini terjadi karena keberadaan lemak jahat lebih banyak dari lemak baik. Kolesterol dibagi menjadi 2 macam, yakni kolesterol baik dan kolesterol jahat.

Kolesterol baik karena ia berfungsi membersihkan kolesterol yang belum menjadi kerak di hati, sedangkan kolesterol jahat timbul karena kerak lemak dan menyumbat pembuluh darah.

Lipoprotein jahat adalah LDL (Low Density Lipoprotein). Bila kolesterol yang digunakan dalam sel-sel tubuh sudah dianggap cukup, sel-sel tidak akan menerima kolesterol lagi sehingga kadar LDL dalam darah meningkat, LDL mulai menyimpan kolesterol yang berlebih pada dinding arteri. Inilah awal malapetaka, penyumbatan aliran darah menuju jantung dan otak. Makanan yang kaya akan emak jenuh dapat meningkatkan produksi LDL. Jenis lipoprotein berikutnya adalah HDL (High Density Lipopreotein) dikenal sebagai kolesterol baik. Tubuh kita sendiri memproduksi kolesterol HDL sebanyak 80 % untuk melindungi tubuh. Sisanya yang 20 % diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari.


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Kolesterol and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>