Mengatasi Kolesterol

Kolesterol merupakan salah satu jenis gangguan kesehatan tubuh manusia, timbul karena dipicu oleh hipertensi, gangguan jantung dan stroke. Kolesterol yang sudah ada dalam tubuh yang dihasilkan secara alami sebenarnya memiliki fungsi yang baik bagi tubuh untuk menyeimbangkan asupan komponen vitamin, lemak, kalori serta unsur lainnya dalam tubuh. Namun jika kadar kolesterol dalam tubuh melebihi kadar normal maka akan menuai suatu masalah baru terganggunya tingkat kesehatan.

Kolesterol dapat diatasi dengan menerapkan pola makan dengan membatasi konsumsi pada makanan yang banyak mengandung lemak jenuh dan makanan yang mengandung kalori tinggi. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi kolesterol dalam tubuh, diantaranya :

1. Mengetahui kadar kolesterol

Kadar koleserol baik berada pada angka diatas 40 mg/dl dan kolesterol jahat berada dibawah angka 130 mg/dl. Total kolesterol yang diharapkan pada setiap orang dalam kadar normal berada pada kisaran dibawah 200 mg/dl.

2. Menjaga keseimbangan berat badan

Ukuran berat badan seseorang memberi pengaruh pada tingkat kesehatan tubuh. Dengan mengendalikan dan menjaga berat badan tubuh dalam ukuran berat badan yang ideal merupakan salah satu cara terbaik dalam mengendalikan dan memperkecil suatu resiko terhadap serangan penyakit termasuk kolesterol. Tubuh yang memiliki berat badan diatas ukuran berat badan ideal identik dengan menyimpan kalori dan lemak jenuh dalam tubuh yang kemudian tertimbun dalam pemuluh darah dan jaringan tubuh lainnya sehingga membuat seseorang lebih mudah terserang berbagai resiko akibat kegemukan.

3. Aktvitas fisik rutin

Melakukan aktivitas rutin tidak hanya melakukan pekerjaan sehari-hari seperti bekerja di kantor. Melakukan aktivitas rutin lainnya seperti berolahraga (berenang, berjalan kaki, bersepeda, senam dan olah fisik). Lakukan olahraga rutin minimal 30 menit dalam sehari dapat membantu tubuh mengatur metabolisme dan sistem kerja dalam jaringan tubuh lainnya.

4. Mengubah lemak jahat pada lemak baik

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat hanya akan semakin memperburuk keadaan dan menambah kadar kolesterol jahat yang terus meningkat. Ketika seseorang tervonis memiliki kadar kolesterol jahat lebih tinggi dalam tubuhnya, biasanya dokter akan menyarankan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dengan mengurangi dan menurunkan konsumsi terhadap makanan yang banyak mengandung lemak. Untuk mendapatkan dan meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh konsumsi makanan yang rendah lemak dan kalori seperti selai kacang, minyak zaitun, kanola serta makanan yang terbuat dari kacang-kacangan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi makanan rendah lemak dapat membantu menurunkan ladar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah.

5. Konsumsi suplemen tambahan

Meskipun kita telah menerapkan pola makan yang sehat, masih memiliki kemungkinan tubuh kita kekurangan komponen nutrisi, vitamin dan unsur lainnya. Konsumsi makanan yang mengandung kebuthan nutrisi harian yang lengkap seperti mengandung multivitamin lengkap yakni asam folat, vitamin B6, B12, B kompleks, omega 3 dan omega 6 serta multivitamin lainnya. Untuk lebih mudah mendapatkan mulitvitamin anda juga dapat mengkonsumsi beberapa suplemen penunjang untuk memelihar kesehatan tubuh.


=====================================

>>> Kapsul Garlic (Bawang Putih), Bagus Untuk Mencegah dan Mengobati Penyakit Kolesterol, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengatasi Kolesterol and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>